Senin, 22 Juni 2015

Bahaya Kebiasaan Makan dan Minum Sambil Berdiri


Bahaya kebiasaan makan dan minum sambil berdiri - Makan dan minum sambil berdiri sudah menjadi kebiasaan banyak orang di zaman ini. Cara yang tidak sehat ini biasa dilakukan oleh bangsa asing, namun kini banyak juga orang kita yang meniru mereka. Makan sambil berdiri, bahkan sambil berjalan. Cara makan dan minum seperti itu mempunyai bahaya bagi kesehatan dan tidak disadari.


Bahaya Minum Sambil Berdiri

Minum air dalam jumlah proporsional sangat baik untuk menjaga kesehatan. Namun, hal ini terkait cara minum air yang benar. Minum air sambil duduk membuat air yang masuk ke tubuh disaring terlebih oleh sfringer, organ tubuh berotot yang dapat membuka dan menutup. Air yang masuk ke tubuh, akan diproses di ginjal.


Jika kita minum sambil berdiri, proses penyaringan tidak dilakukan lagi, pengendapan pada saluran ureter tidak dapat dihindari. Sisa-sisa limbah yang mengendap di ureter dapat menyebabkan kristal di ginjal. Jadi, selain penyerapan cairan oleh tubuh menjadi tidak optimal, juga membahayakan kesehatan ginjal, seperti batu ginjal, maupun gagal ginjal.

Bahaya Makan Sambil Berdiri

Menelan makanan sambil berdiri dapat menyebabkan saraf kelana melakukan refleksi, sehingga terjadi di banyak lapisan endotel yang berada di sekeliling usus. Jika refleksi ini terjadi secara keras dan mendadak, dapat menyebabkan saraf vagal inhibition tidak berfungsi. Jika hal ini terjadi secara berulang-ulang dapat membahayakan jantung, bahkan kematian secara mendadak. 

Bukan hanya itu, makan dan minum sambil berdiri dapat menyebabkan luka pada lambung dan dinding usus.

Oleh karena itu, dalam islam diajarkan beberapa adab makan dan minum dan salah satunya yaitu "jangan makan dan minum sambil berdiri". Itula indahnya Islam jika penuh dengan adab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar