Senin, 13 Juli 2015

Manfaat Daun Pisang untuk Kesehatan

Pohon pisang tumbuh dan berkembang dengan sangat baik di daerah tropis. Tumubhan ini termasuk pada kelompok tumbuhan yang populer di kalangan petani, seringkali sengaja ditanam untuk diambil daunnya, buahnya bahkan jantungnya.


Pohon pisang hanya berbuah satu kali setelah itu mati, pohon pisang yang sudah diambil buahnya, biasanya akan ditebang setelah diambil daunnya. Daun pisang masih bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, baik untuk membungkus kue, membungkus pesanan ikan dan makanan lainnya. Daun pisang yang masih tergulung memiliki banyak sekali manfaat. Berikut ini beberapa manfaat daun pisang:

Mengatasi mimisan
Mimisan biasa terjadi karena berbagai faktor, baik karena cuaca yang terlalu dingin yang mana tidak bisa diterima oleh tubuh dengan baik.
Biasanya mengatasi mimisan delakukan dengan menggunakan daun sirih, namun apabila Anda tidak memiliki daun sirih dan hqanya memiliki daun pisang, maka gunakan saja daun pisang yang tersedia untuk membantu mengatai mimisan tersebut. Daun pisang secara ajaib akan membantu menghentikan pendarahan.

Mengatasi radang tenggorokan
Radang tenggorokan tentunya memberikan rasa tidak nyaman, terutama disaat Anda berbicara dan menelan makanan karena ketika Anda melakukan kedua kegiatan tersebut secara otomatis, tenggorokan akan terasa sakit. Atasi radang tenggorokan yang tidak menyenangkan dengan menggunakan daun pisang. Daun pisang bisa dijemur hingga kering untuk kemudian diseduh dengan air panas atau direbus hingga matang, air seduhan atau air rebusan daun pisang diminun secara teratur hingga radang pada tenggorokan sembuh.

Meredakan batuk dan sakit dada
Manfaat daun pisang bagi kesehatan yang harus Anda ketahui adalah mampu meredakan sakit dada dan meredakan batuk. Batuk dan saikit dada disebabkan oleh berbagai faktor, mulai darai kebiasaan merokok, kebiasaan mengkonsumsi minuman beralkohol hingga faktor alergi. Mengatasi batuk maupun sakit dada bisa dilakukan dengan menggunakan daun pisang, cukup dengan mengkonsumsi air rebusan daun pisang atau menelan getah daun pisangnya saja.

Mengatasi keputihan dan keluhan rambut tipis

Keputihan merupakan gangguan keseharan yang biasa dialami oleh wanita, keputihan biasa disebabkan oleh jamur. Mengatasi keputihan dengan daun pisang bisa dilakukan dengan merebus daun pisang terlebih dahulu, air rebusan daun pisang yang sudah dingin bisa dijadikan untuk membersihkan organ reproduksi wanita. Sedangkan keluhan rambut tipis bisa diatasi dengan cara menambahkan halusan daun pisang ke dalam masker rambut yang akan Anda pakai, lakukan setiap hari untuk hasil terbaik.

Penetralisir akibat gigitan serangga
Daun pisang cukup manjur dijadikan obat alami akibat pengaruh lingkungan karena kandungan antioksidan alami yang begitu tinggi dapat meredakan gigitan serangga dengan cepat seperti gigitan nyamuk, semut, lebah, dan laba-laba. Selain itu, juga bisa dijadikan untuk mengobati iritasi pada kulit karena akibat lainnya.

Penghilang demam
Daun pisang bisa dijadikan sebagai obat penghilang demam. Cara penggunaannya cukup mudah yakni ambil daun pisang yang masih muda cukup satu pelepah saja kemudian bersihkan menggunakan kain bersih dan oleskan minyak kelapa ke daun tersebut. Selanjutnya, tempelkan daun pisang yang telah dioleskan minyak kelapa ke dahi Anda.

Sebagai obat kecantikan kulit

Daun pisang mengandung bahan aktif allantolin yang dimanfaatkan sebagai campuran krim kecantikan. Kandungan allantolin yang cukup tinggi di daun pisang ini bermanfaat untuk menyembuhkan iritasi kullit, peradangan, hingga membunuh kuman.

Manfaat daun pisang bisa Anda peroleh kapan saja selama Anda memiliki pohon pisang atau perkebunan pisang di rumah, manfaatkan daun pisang untuk mengatasi berbagai keluhan penyakit yang Anda alami dan rasakan khasiatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar