Senin, 15 Juni 2015

Khasiat Tanaman Kumis Kucing bagi Kesehatan

Khasiat Tanaman Kumis Kucing bagi Kesehatan - Kumis kucing adalah tanaman yang termasuk golongan famili lamicaeae/labiatae yang banyak dijumai di Indonesia. Tanaman ini dipercaya banyak memberikan khasiat bagi kesehatan kita. 


Tanaman ini biasanya tumbuh di tanah yang subur, gembur, berhumus, dan memiliki tata air serta udara yang baik. Kandungan zat kimia seperti atsisi, saponin, sapofonin, sinensetin, mioinositol, zat samak dan kalium dipercaya menyembuhkan berbagai jenis penyakit.

Berikut adalah beberapa khasiat tanaman kumis kucing bagi kesehatan:

Mengobati Rematik

Rematik adalah penyakit yang menyerang persendian, otot, dan urat. Pengobatan untuk penyakit ini biasanya untuk mengurangi rasa nyeri, menghilangkan peradangan, serta memelihara fungsi persendian agar tetap dalam keadaan baik.

Mengatasi Masuk Angin

Cara mengobati masuk angin dengan menggunakan tanaman kumis kucing adalah dengan menyiapkan segenggam daun kumis kucing yang masih segar dan direbus hingga ramuan herbal kumis kucing matang Setelah itu minumlah obat herbal kumis kucing selagi hangat.

Mengobati Sakit Pinggang

Salah satu manfaat kumis kucing bagi kesehatan berikutnya adalah mengobati sakit pinggang. Untuk Anda yang sering mengalami sakit pinggang bisa memnafaatkan kumis kucing sebagai penawar rasa sakit. Cara pemakaian tanaman kumis kucing untuk obat adalah dengan menyiapkan segenggang daun kumis kucingdan akar tanman kumic kucing. Lalu rebus kedua bahan herbal tersebut sampai mendidih. Setelah itu diamkan air rebusan tanaman kumis kucing selama semalam, setelah itu Anda baru bisa meminum ramuan tanaman kumis kucing.

Mengobati Ederma (bengkak)

Kumis kucing bisa digunakan untuk mengobati penyakit bengkak. Cara pemakaian kumis kucing untuk obat bengkak yaitu siapkan segenggam daun kumis kucing, meniran, kemudian campuran herbal tersebut direbus hingga matang. Setelah itu minumlah ramuan kumis kucing untuk mengurangi bengkak pada bagian tubuh Anda.

Mengatasi Nyeri Buang Air Kencing

Apabila Anda merasakan nyeri saat buang air kencing, Anda bisa menggunakan kumis kucing sebagai obat. Cara pemakaian kumis kucing untuk mengobati rasa nyeri adalah dengan menyiapkan segenggam daun kumis kucing dan dikeringkan hingga daun kumis kucing menyerupai daun teh kering. Setelah kering, seduh daun kumis kucing dengan gula aren sebagai pemanis, minumlah teh kumis kucing saat masih hangat.

Mengobati Kencing Batu

Manfaat kumis kucing untuk mengobati kencing batu atau batu ginjal sudah diakui masyarakat sebagai obat herbal yang sangat efektif, cara pemakaian kumis kucing untuk mengobati kencing batu adalah dengan menyiapkan 3 genggam daun kumis kucing dan daun biji beling. Kedua dedaunan tersebut dicuci bersih dan direbus dengan sedikit tambahan gula merah. Setelah air daun kumis kucing matang, tunggulah sampai hangat. Dan minumlah obat herbal kumis kucing 2 kali sehari selama 10 hari atau lebih.


Demikian lah beberapa khasiat tanaman kumis kucing bagi kesehatan. Semoga bisa menambah pengetahuan Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar